Senin, 19 Maret 2012

CONTOH MAKALAH SEJARAH PERKEMBANGAN JENIS-JENIS SISTEM OPERASI


TUGAS INDIVIDU
MK. SISTEM OPERASI

MAKALAH
SEJARAH PERKEMBANGAN JENIS-JENIS SISTEM OPERASI 

 


OLEH :
HASNILA
102513018
D3


JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
                                                    

KATA PENGANTAR
          Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba_Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan dia mungkin penyusunan tidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik.
            Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh sistem operasi bagi manusia terhadap perkembangan teknologi. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
            Makalah ini memuat tentang “Sejarah Perkembangan Jenis-Jenis Sistem Operasi”. Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan tugas dalam bentuk makalah seperti ini sehingga penyusun dapat mengetahui sejarah perkembangan jenis-jenis sistem operasi.
            Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan, penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih, Wassalam.
                                                                                    Makassar, 12 Maret 2012

      Penulis







BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

Tanpa perangkat lunak (software) sebuah komputer sebenarnya sekumpulan besi yang tidak berguna. Dengan software sebuah komputer dapat digunakan untuk menyimpan, mengolah data (memproses) dan mendapatkan kembali informasi yang telah disimpan, menemukan kesalahan dalam program, memainkan games dan menggunakan banyak aktivitas lainnya yang bernilai. Pada umumnya program komputer dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu :
a. Program sistem (system program)
Yang berfungsi untuk mengatur operasi dari komputer itu sendiri.
b. Program aplikasi (application program)
Yang berfungsi untuk membantu menyelesaikan masalah untuk pemakainya. Dasar yang sangat penting dari semua program sistem adalah operating system yang mengontrol semua sumber daya komputer dan menyediakan landasan sehingga sebuah program aplikasi dapat ditulis atau dijalankan. Sebuah sistem komputer modern berisi satu atau lebih prosesor, banyak memori utama (sering disebut sebagai "core memory", walaupun magnetic cores yang sudah tidak digunakan dalam memory selama lebih satu dekade), clocks, terminal, disk, antarmuka (interface) jaringan, dan peralatan masukan/keluaran lainnya. Semua dalam semua, sebuah sistem yang kompleks, yaitu untuk menulis program yang disimpan dalam track sehingga dapat digunakan secara benar, apalagi dengan pengoptimalannya adalah sebuah pekerjaan atau tugas yang sangat sulit.
Jika setiap programmer memfokuskan tentang bagaimana disk drive bekerja dan apa saja yang dapat dijalankan dengan benar ketika membaca sebuah block disk, mustahil bahwa banyak program dapat ditulis secara baik. Beberapa tahun yang lelu telah menjadi kejelasan bahwa banyak cara atau metode menyediakan pelindung (sheild) atau sesuatu yang dapat menyembunyikan programmer dari kekomplekan perangkat keras. Cara yang telah berangsur-angsur berkembang adalah dengan menentukan atau membuat sebuah lapis (layer)
perangkat lunak yang mengendalikan komponen pokok perangkat keras, mengatur semua bagian sistem, dan menyediakan pemakai dengan antarmuak (interface) atau virtual machine yang memudahkan memahami dan memprogram.
Diagram atau lapis (layer) dapat dilihat sebagai berikut :


Pada bagian bawah dari gambar diatas adalah perangkat keras yang didalamnya banyak terdapat alasan yang membentuk dua atau lebih lapis. Lapis yang paling bawah (physical devices) berisi perangkat fisik, yang terdiri dari integrasi circuit chips, kabel (wires), power supplies, cathode ray tubes (CRT) dan perangkat lainnya. Bagaimana perangkat tersebut dibuat dan bagaimana sistem kerjanya adalah bagian dari insinyur elektronik.
Lapis berikutnya dari software primitive yang secara langsung mengontrol peralatan tersebut (physical devices) dan menyediakan interface (a cleaner interface) untuk layer berikut/diatasnya. Software ini disebut microprogram yang biasanya ditempatkan dalam read-only memory (ROM). Sebenarnya microprogram berfungsi sebagai penerjemah, mengambil (fetching) intruksi bahasa mesin, seperti ADD, MOVE dan JUMP serta melaksanakan proses-proses kecil yang saling terkait. Contohnya apabila melaksanakan instruksi ADD, microprogram harus menentukan dimana angka-angka yang ditambahkan ditempatkan (disimpan sementara), mengambilnya, menambahkannya dan menyimpan hasilnya disuatu tempat tertentu.
Sekumpulan instruksi yang diterjemahkan microprogram disebut machine language (bahasa mesin), yang kenyataannya bukan bagian dari perangkat mesin semuanya, tetapi pembuat komputer selalu menjelaskannya dalam manualnya (sejenis buku panduan perangkat kerasnya), sehingga banyak orang mengira sebagai mesin sesungguhnya. Dalam banyak mesin microprogram diimplementasikan dalam hardware dan sebenarnya tidak sebuah lapis yang jelas.
Bahasa mesin secara khusus memiliki antara 50 sampai 300 instruksi, yang sebagian besar untuk memindahkan data disekeliling mesin, mengerjakan aritmatika dan membandingkan nilai. Dalam lapis ini, perangkat masukan/keluaran mengontrol pemuatan nilai ke dalam register khusus. Untuk contoh, sebuah disk dapat diperintahkan membaca untuk memuat nilai dari alamat disk, alamat memori utama, besarnya byte dan memerintahkan (READ atau WRITE) ke dalam registernya. Dalam prakteknya, banyak parameter yang dibutuhkan, dan status drive sesudah operasi adalah masalah yang memiliki kekomplekan masalah yang tinggi. Terlebih banyak perangkat I/O, waktu akses adalah sebuah aturan yang
penting dalam pemograman. Sebuah fungsi utama dari Operating System adalah menyembunyikan semua kekomplekan atau kerumitan dan memberikan programmer sebuah kenyamanan,
kemudahan, kepraktisan dari instruksi yang digunakan untuk bekerja dengannya, sebagai contoh, READ BLOCK FROM FILE adalah konsep atau gagasan penyederhanaan daripada harus berpikir tentang bagaimana memindahkan head disk secara rinci, menunggu untuk menjadi tenang (posisi istirahat).
Diatas lapis Operating System (OS) adalah untuk menempatkan software system. Dari sini ditemukan penerjemah perintah (command interpreter/shield), compiler, editor, dan application program independent. Adalah penting untuk menyadari/merealisasikan bahwa program-program ini dengan pasti bukan bagian dari SO, walaupun secara khas disediakan oleh pembuat komputer. Ini adalah penting sekali, tetapi sebagai titik kecerdikan. OS adalah bagian dari software yang dijalankan dalam kernel mode atau supervisor mode.
SO memproteksi dari pemakai yang menganggu pemakain hardware (diabaikan untuk microprossors yang sebelumnya yang tidak memiliki proteksi hardware). Compiler dan editors dijalankan dalam user mode. Jika seorang tidak suka sebuah compiler khusus, pemakai bebas menulis miliknya jika dapat memilih, dan tentunya tidak bebas untuk menangani interrupt disk yang merupakn bagian dari OS dan normalnya akan memproteksi hardware terhadap usaha pemakai untuk memodifikasinya. Akhirnya, diatas layer system program berikutnya adalah application program. Program ini ditulis oleh user untuk memecahkan masalah khusus, seperti proses pengolahan data, perhitungan rekayasa atau memainkan sebuah permainan.

B.   RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah dari makalah ini, yaitu :
1.    Sejarah Perkembangan Windows
2.    Sejarah Perkembangan Unix
3.    Sejarah Perkembangan Linux
4.    Sejarah Perkembangan Mac OS
5.    Sejarah Perkembangan Chrome OS
6.    Sejarah Perkembangan iOS
7.    Sejarah Perkembangan Android
8.    Sejarah Perkembangan Symbian
9.    Sejarah Perkembangan RIM

C.   TUJUAN PENULISAN
Sistem Operasi telah berkembang selama lebih dari 40 tahun dengan dua tujuan utama. Pertama, Sistem Operasi mencoba mengatur aktivitas-aktivitas komputasi untuk memastikan pendaya-gunaan yang baik dari sistem komputasi tersebut. Kedua, menyediakan lingkungan yang nyaman untuk pengembangan dan jalankan dari program.
Pada awalnya, sistem komputer digunakan dari depan konsol. Perangkat lunak seperti assembler, loader, linker dan kompilator meningkatkan kenyamanan dari sistem pemrograman, tapi juga memerlukan waktu set-up yang banyak. Untuk mengurangi waktu set-up tersebut, digunakan jasa operator dan menggabungkan tugas-tugas yang sama (sistem batch).
Sistem batch mengizinkan pengurutan tugas secara otomatis dengan menggunakan Sistem Operasi yang resident dan memberikan peningkatan yang cukup besar dalam utilisasi komputer. Komputer tidak perlu lagi menunggu operasi oleh pengguna. Tapi utilisasi CPU tetap saja rendah. Hal ini dikarenakan lambatnya kecepatan alat-alat untuk M/K relatif terhadap kecepatan CPU. Operasi off-line dari alat-alat yang lambat bertujuan untuk menggunakan beberapa sistem reader-to-tape dan tape-to-printer untuk satu CPU. Untuk meningkatkan keseluruhan kemampuan dari sistem komputer, para developer memperkenalkan konsep multiprogramming.
































BAB II
PEMBAHASAN

A.     SEJARAH PERKEMBANGAN WINDOWS
Bagi anda yang saat ini tengah membaca tulisan ini tentu tidak asing dengan yang namanya windows. Ya, windows adalah operating system buatan microsoft yang didirikan oleh Bill Gates.
Ibarat kata pepatah Tak kenal maka tak sayang, maka ada baiknya rekan-rekan mengetahui jejak sejarah dan perkembangan dari operating system buatannya om bill gates ini.
a.    Windows 1.0
Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran.
b.    Windows 2.x
Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya. Sebagian besar populeritasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft,Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows.

 

 

c.    Windows/386

Di akhir 1987, Microsoft merelease Windows/386,yang secara fungsional setara dengan Windows/286, dapat menjalankan berbagai aplikasi DOS secara serempak di extended memori. Berbagai mesin virtual DOS dengan premptive multitasking merupakan fitur baru dalam Windows dari versi sebelumnya
d.    Windows 3.0
Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat menginjak versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan Memory virtual.







e.    Windows 3.1
Microsoft membuat versi  Windows 3.1, sebagai revisi dari versi 3.0 dengan berbagai penambahan  dan mendukung multimedia. Dalam dua bulan pertama nya, menjual di atas tiga juta salinan, termasuk upgrade dari Windows 3.0. Berikut adalah perubahan yang utama dari Windows 3.0:
·         No Real (8086) mode support
·         Mendukung jenis tulisan (font) yang skalabel Truetype
·         Kemampuan Multimedia
·         Obyek Linking and Embedding ( OLE)
·         Kemampuan mem-boot kembali aplikasi
·         Mouse Trails untuk mempermudah mouse menggunakan  peralatan display LCD
·         Perlindungan Interapplication  lebih baik dan diagnostik kesalahan yang lebih baik
·         Mendukung  API multimedia dan networking
·         Kompabilitas API level source dengan Windows NT



f.     Windows 95
Windows yang lebih unggul pada user interface dan multitasking. Windows 95 merupakan windows yang dianggap revolusioner dan membawa era baru komputasi. Rilis 24 Agustus 1995. Di rancang   untuk tetap berjalan bersama dengan Windows NT, yang menawarkan tingkat yang lebih besar dari kompabilitas mundur dengan perangkat lunak dan  driver yang lebih tua (terdahulu), atas biaya stabilitas dan keamanan dari Windows NT yang lebih besar. Fitur baru adalah sebagai berikut:
·         Sesuatu yang baru, lebih Object-oriented GUI
·         WIN32 API yang baru
·         Preemptive multitasking dari aplikasi Win32
·         Model memory flat 32-bit
·         Protected memory
·         Mendukung Built-in networking, termasuk dukungan dial-up
·         Model driver 32-bit yang baru

g.    Windows 98
Dirilis pada tanggal 25 Juni 1998, Windows 98 yang pertama merupakan windows yang sangat buruk. Lemot, sering crash dan berbagai masalah lainnya. Perubahan kernel dan perombakan sistem secara keseluruhan membuat penjualannya meningkat karena cepat, dan tidak lagi crash ( malah merupakan windows paling stabil yang pernah ada ) dengan rilis nya Windows 98SE pada tahun 1999. Windows 98 memiliki kesamaan antar muka (interface) dan fitur dari Windows 95, tetapi juga menyertakan update berikut ini:

·         32-bit allocation system (FAT32) yang tidak hanya mengijinkan drive hard disk lebih besar dari 2GB, tetapi juga penggunaan disk space yang lebih efisien, mengijinkan file untuk di-load lebih cepat dan mengambil tempat yang lebih sedikit; FAT32 dapat membaca drive hard disk sebesar 2TB (2000GB)
·         Dukungan untuk peripheral Universal Serial Bus (USB)
·         Dukungan untuk WebTV (sejak saat itu berubah menjadi MSN TV)
·         Dukungan untuk lebih dari satu monitor
·         Microsoft Web Server
·         Microsoft Task Scheduler

Beberapa fitur ini juga tersedia dalam versi Windows terbaru (dikenal dengan OSR2) yang telah didistribusikan dengan PC baru pada tahun 1998. OSR2 tidak pernah tersedia untuk penjualan ritel.
Pada 1999, Microsoft merelease Windows 98SE (Second Edition), yang meningkatkan Windows dan juga ditambahkan fitur sebagai berikut:
·         Dukungan untuk DVD-ROM
·         Internet Connection Sharing (ICS)
·         Meningkatkan waktu startup untuk program
·         Meningkatkan dukungan USB



h.    Windows ME
Mengisi kekosongan antara dirilisnya windows 98SE dan XP, di lahirkanlah windows ME. Konsep konsep baru diperkenalkan dengan Windows ME. 1 diantara konsep yang kemudian populer di suatu hari ada “plug and play”. Sayangnya GUI yang buruk dan terlalu geeky membuat nya tidak populer.

i.      Windows NT

Catatan : Untuk alas an keamanan dan support, UITS merekomendasikan penggunaan Windows 2000 Profesional atau Windows XP Profesional, daripada NT Workstation 4.0 pada jaringan Universitas Indiana. Windows NT 4.0 memasuki fase daur hidup yang ditingkatkan. Hal ini mempunyai arti bahwa tidak lagi dipertimbangkan sebagai mainstream teknologi , dan support akan menjadi lebih dibatasi selama fase ini. Untuk informasi lebih lanjut, lihat halaman Petunjuk Daur Hidup Product Desktop Microsoft Windows pada :
Windows NT adalah produk terpisah dari Windows 3.x, Windows 95, dan Windows 98.  Di arahkan pada pangsa pasar perusahaan, untuk digunakan pada workstation dan server yang high-end. Versi pertama, 3.1 dan versi 3.5 dan 3.51, menggunakan antar muka yang sama dengan Windows 3.1. Versi 4.0 menggunakan antar muka yang diperkenalkan pertama kali dengan Windows 95.
Windows NT 4.0 menawarkan fitur baru sebagai berikut:
·         Dukungan NTFS file system
·         Model keamanan (security model)
·         Remote Access Server (RAS)
·         Subsystem OS/2 dan POSIX
·         Kemampuan untuk berjalan pada prosesor Intel, Alpha, MIPS dan Motorola
Windows NT 4.0 terdiri dari dua versi : Advanced Server dan Workstation. Versi Advanced Server dengan software tambahan yang mengijinkannya untuk menunjukkan aturan dari server enterprise. Advanced server memiliki fitur berikut dalam tambahan yang ditemukan pada versi Workstation :
·         Software untuk menkontrol dan mengatur domain
·         Internet Information Server (IIS)
·         Dukungan untuk produk Microsoft BackOffice
·         Software server DHCP, DNS dan WINS
j.      Windows 2000
Microsoft merilis Windows 2000 pada 17 Februari 2000, sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Windows NT 5.0 atau “NT 5.0″. Versi Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pangsa pasar  workstation dan juga pangsa pasar server.
Windows 2000 dibangun pada Windows NT dan menawarkan peningkatan sebagai berikut:
·         System operasi full 32-bit
·         Dukungan untuk NTFS atau FAT32, dengan dukungan untuk drive hard disk sebesar 32GB ketika menjalankan FAT32.
·         Windows File Protection, yang menjaga aplikasi yang di install dari penghapusan file system yang penting.
·         Mengurangi beberapa skenario reboot, termasuk instalasi program yang mensyaratkan sebuah reboot untuk perbaikan fungsi.
·         Dukungan untuk sampai 4GB Random Access Memory (RAM)
·         Microsoft Management Console (MMC)
·         Internet integrasi yang lebih kuat dengan Internet Explorer 5.0.1
Terdapat tiga versi Windows 2000 yang berbeda : Professional, Server dan Advanced Server. Professional di rancang untuk system desktop dan laptop,baik stand-alone dan network, untuk penggunaan individual. Server di rancang untuk menjalankan file dan printer servers. Advanced server di rancang untuk menjalankan server dengan lebih
k.    Windows XP
Oktober 2001, microsoft merilis Windows XP, versi windows yang paling banyak di pakai di seluruh dunia sampai sekarang, banyak mendapatkan pujian di seluruh pemberitaan. Review score yang baik membuat windows XP merajai pasar PC sekarang ini. Windows XP yang pertama kali memecah bagian penjualan windows menjadi Home dan Professional. Hanya membedakan beberapa fitur yang mungkin tidak digunakan oleh pengguna rumahan dibanding pengguna professional.
         Berbagai jenis varian windows XP antara lain :
         "Windows XP Home Edition", untuk PC dan  laptops (notebooks)
         "Windows XP Home Edition N“ (tanpa Windows Media Player )
         "Windows XP Professional Edition", untuk aplikasi bisnis
         "Windows XP Professional Edition N“ (tanpa Windows Media Player )
         Windows XP Media Center Edition (MCE) dengan penambahan fungsi audio, video, and PVR , dikeluarkan bulan November 2002 untuk  desktops and notebooks
         Windows XP Media Center Edition 2003
         Windows XP Media Center Edition 2004
         Windows XP Media Center Edition 2005, dikeluarkan tanggal 12 Oktober 2004.
         Windows XP Tablet PC Edition, untuk  tablet PCs (notebooks dengan touch screens)
         Windows XP Embedded, untuk menggabungkan beberapa sistem
         "Windows XP Starter Edition" untuk negara berkembang
         Windows XP Professional x64 Edition, dikeluarkan bulan  April 25, 2005 yang mendukung utiliti 64-bit processors
l.      Windows Vista
Vista membawa perubahan besar dalam kernel, GUI dan rangkaian penambahan fitur yang menjanjikan. Sayang biarpun sudah mengalami penambahan fitur dan User Interface, Vista tidak sukses di pasar karena memiliki beberapa flaw yang sangat mengganggu, terutama bagi kritikus. Vista juga lambat dan tidak lebih baik dari windows XP dalam penggunaan sehari hari.
m.  Windows 7
Rilis selanjutnya setelah Windows Vista dikenal sebagai Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Windows ini memiliki kennel NT versi 6.2 SP2 dari Windows Server 2008. Windows 7 memiliki keamanan dan fitur yang baru. Windows 7 adalah jenis dari Windows Server 2008 SP2. Windows ini dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009. Fitur yang ada di Windows 7 60% sama dengan Windows Vista. Beberapa fiturnya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang nama berganti menjadi Gadget dan Gadget bebas ditaruh kemana-mana (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spektifikasi Windows 7 lebih ringan dari pada Windows Vista. Harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista.















B.   SEJARAH PERKEMBANGAN UNIX

Unix adalah nama sebauh system operasi yang asal mulanya dikembangkangkan pada laboratorium Bell, AT dan T. Untuk lebih mendalami apakah UNIX, perlu diketahui untuk system operasi terlebih dahulu. Apakah system operasi ? Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak computer yang mengatur dan mengembalikan operasi dasar system computer. UNIX terdiri atas sejumlah program (dapat instruksi untuk memperoleh hasil tertentu0. Yang dirancang untuk mengontrol interaksi antara fungsi –fungsi tugas dari system operasi, diantaranya :
1. Melakukan fungsi manajemen system berkas
2. Mengendalikan berbagai sumber pada system, seperti disk dan printer.
3. Mengantar sejumlah pemakai yang menggunakan system bersamaan
4. Membentuk penjadwalan proses didalam system.

a.    PORTABILITAS
Sistem UNIX mudah diadaptasikan ke system computer yang lain. Sifat portabilitas ini membawa UNIX dapat mudah dipakai, pada berbagai jenis computer. Kini Linux telah menyebar pada berbagai jenis system. Dari Notebook, Personal Computer (PC), hingga Mainframe perusahaan. Komputer besar seperti IBM Sun Micro System juga mengeluarkan computer yang berbasis UNIX. Bagi pemakai, hal seperti ini sangatlah menguntungkan. Mengapa demikian ? sebab portabilitas berarti ketidak bergantungan pada suatu perangkat keras. Ini berarti pemakai tidak perlu terpaku pada satu vendor saja. Untuk beralih dari suatu system UNIX ke system UNIX lainnya. Dapat dilakukan dengan mudah, hal ini tidak hanya terbatas pada sistemnya saja, melainkan juga pada aplikasinya. Program aplikasi yang berjalan pada suatu system UNIX. Dapat dipindahkan ke system UNIX lainnya, dengan jalan mentransfer program dan kemudian melakukan kompilasi lagi pada system UNIX yang baru. Bahkan beberapa aplikasi bersifat kompatibel dalam bentuk obyek, sehingga tidak diperlukan proses kompilasi.

b.    MULTI USER
Multiuser berarti sejumlah orang (pemakai) dapat menggunakan system secara bersamaan dan berbagai sumber. UNIX mendukung keperluan seperti ini, yaitu keuntungan dengan adanya sifat MULTI USER:
a. Penhematan perangkat keras, sebab perangkat keras dapat dipakai oleh orang banyak.
b. Data dapat diakses oleh orang banyak secara serentak. Ini berarti tidak ada penduplikasi data. Selain itu konsistensi data lebih terjamin.


c.    MULTI TASKING
Seorang pemakai dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dari sebuah terminal. Pekerjaan – pekerjaan yang tidak memerlukan interaksi dari pemakai. Bisa dilaksanakan dilator belakang. Pemrosesan ini memungkinkan saat suatu pekerjaan sedang dilaksanakan oleh system, pemakai dapat melakukan tugas-tugas yang lain.

d.    SHELL UNIX
Shell UNIX menjadi jembatan antara pemakai dan system. Ia bertindak sebagai penerjemah perintah yang sangat bermanfaat bagi pemakai kemampuan, Shell mencakup dua hal, yaitu :
Modus Interaktif dan
Modus Pemrograman
Pada mode interaktif, pemakai dapat memberikan perintah dan kemudian shell akan mengerjhakan perintah yang diberikan. Hal ini dapat diulang-ulang sebab begitu shell telah selesai menjalankan perintah, shell akan menunnggu pemakai memberikan perintah kembali. Pada modus pemrograman, pemakai dapat menyusun suatu program yang sejumlah perintah yang biasa disebut skrip shell. Selanjutnya, shell akan mengerjakan perintah – perintah tersebut secara berurutan. Hal seperti ini sangat bermanfaaat untuk menangani pekerjaan yang bersifat rutin. Pada modus ini pemakaian dapat membuat suatu prototype. Suatu kegiatan tanpa harus menggunakan bahasa pemrograman seperti C. Baik pada mode interaktif maupun pemrograman. Pemakai dapat dengan mudah mengarahkan keluar –keluaran perintah yang normalnya kelayar menjadi ke suatu berkas. Bahkan pemakai dapat jhuga mengatur agar hasil suatu perintah menjadi masukan bagi perintah yang lain.

e.    UTILITAS
Sistem Operasi UNIX atas sejumlah program yang antara lain berupa utilitas-utilitas yang
tersedia pada UNIX mempunyai tugas yang bermacam-macam, antara lain berhubungan
dengan :
Manajemen berkas
Penyunting berkas
Pendukung Komunikasi
Pendukung pengembangan perangkat lunak
Dengan mengkombinasikan utilitas. Untuk yang ada, pemakai dapat membuat program
baru untuk melaksanakn tugas seperti yang diharapkan hal ini dapat dilakukan dengan
cepat dan mudah.
f.     Masyarakat UNIX
Kalau semua pemakaian UNIX terbatas pada keinginan tertentu terutama lingkungan Universitas, kjini UNIX juga banyak dipakai untuk menangani aplikasi bisnis. UNIX juga seringkali banyak digunakan untuk memecahkan persoalan yang kompleks pada permasalahan statistic dan engineering.
Saat ini banyak perkumpulan pemakai dan engineering. UNIX yang bertebaran diinternet. I Indonesia, para pengguna Linux mempunyai kelompok tersendrir, selain itu juga muncul majalah yaitu infolinux, perkembangan UNIX juga tidak lepas dengan lembaga – lembaga atau organisasi yang melakukan standarisasi, antara lain :
ANSI (American National Standards Institute)
Mempunyai peranan dalam dunia UNIX. Institusi ini meyediakan standar
pemrograman C yang dibentuk melalui komite ANSI XJ311
X/OPEN
X/OPEN merupakan konsorsium International Non Provit dari sejumlah pabrik
computer, seperti Bull, ICL, Olivetti, Nixdorf, Philips dan Siemens. Didirikan
pada tahun 1984, selain perusahaan computer Eropa, pabrik computer Amerika seperti DEC,HP dan Unlsys serta AT DAN T jhuga menjadi anggotanya, tujuan dari kelompok yang sangat berpengaruh dibenua Eropa ini adalah mendefinisikan lingkungan untuk mendukung portabilitas perangkat lunak Spesifikasi system terbuka yang dikeluarkan oleh organisasi ini adalah XPG (X/OPEN Portability Guide).
ISO (International Standards Organization)
Ikut mengembangkan beberapa standard, terutama dalam lingkup komunikasi computer.
X-Consorfium
Konsorsium ini membuat pedoman antarmuka yang berdasarkan teknologi XWINDOWS.
AT & T
AT & T mengeluarkan standar system V yang disebut SUID. Standar ini
menyebutkan fasilitas-fasilitas pada UNIX yang dijamin tidak bakal berubah pada rilis –rilis mendatang.

Beberapa Penjelasan Dari Jenis Unix
SunOS adalah sebuah versi UNIX yang digunakan dalam workstation-workstation Sun Microsystems yang dirilis pada tahun 1982. Setelah merilis SunOS versi 4, Sun Microsystems mengubah kode UNIX BSD yang sebelumnya mereka gunakan dengan kode UNIX System V, setelah mendapatkan lisensi dari pemegang lisensi UNIX waktu itu, AT&T. Perubahan ini menjadikan namanya berubah menjadi Solaris versi 2, dari yang seharusnya SunOS 5. Sehingga, secara tidak langsung, SunOS pun dianggap sebagai Solaris versi 1.x.
Istilah SunOS masih digunakan sebagai istilah yang merujuk kepada inti dari Solaris. Nomor versi inti SunOS dianggap sebagai versi Solaris 5.{nomor versi Solaris}. Sebagai contoh, Solaris 10, dapat disebut sebagai SunOS 5.10. Man page Solaris juga dinamai sebagai SunOS, meski istilah SunOS tidak lagi digunakan dalam dokumentasi marketing Sun Microsystems.


Oracle Solaris, sebelumnya dikenal sebagai Sun Solaris merupakan sebuah sistem operasi keluarga Unix yang sebelumnya dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. Sun Microsystem menggantikan Sun OS sebelumnya yang telah ada pada tahun 1993. Setelah proses akuisisi Sun oleh Oracle pada bulan januari 2010, Solaris menjadi lebih dikenal sebagai Oracle Solaris. Sistem operasi Solaris dikenal secara luas karena skalabilitas yang dimilikinya, utamanya pada sistem komputer berbasis SPARC, dan sejumlah fitur-fitur inovatif yang dibawanya seperti DTrace, ZFS (Zettabyte File System), dan Time Slider. Sistem operasi ini dapat dijalankan di atas prosesor x86 baik 32bit atau 64bit (berbasis instruksi Amd64), serta prosesor SPARC baik yang diproduksi oleh Sun ataupun Fujitsu. Solaris terdaftar sebagai sistem operasi yang kompatibel dan memenuhi spesifikasi Single Unix Specification.
Solaris dalam sejarahnya dikenal sebagai perangkat lunak yang dikembangkan berbasis kode sumber tertutup, kemudian pada bulan Juni 2005 Sun Microsystem merilis sebagian besar basis kode di bawah lisensi CDDL dan mendirikan proyek sumber terbuka OpenSolaris. Melalui OpenSolaris Sun ingin membuat sebuah komunitas pengembang dan pengguna atas sistem operasi tersebut. Setelah Oracle melakukan akuisisi Sun Microsystem pada bulan Januari 2010, Oracle memutuskan untuk menghentikan distribusi OpenSolaris dan model pengembangannya. Atas keputusan oracle tersebut, komunitas OpenSolaris kemudian menanggapinya dengan membuat turunan distribusi OpenSolaris melalui proyek OpenIndiana yang merupakan bagian dari yayasan Illumos. Namun meski demikian, di mulai dari rilis Solaris 11, pembaruan atas kode-kode sumber Solaris akan tetap didistribusikan oleh Oracle dibawah lisensi CCDL setelah versi penuh biner dirilis. Oracle juga akan memulai program mitra teknologi seperti yang telah dilakukan pada produk-produk oracle lainnya dengan nama Oracle Technology Network (OTN) yang memberikan akses serta izin atas kode sumber solaris yang tengah dikembangkan kepada para mitra bisnis.


AIX (singkatan dari Advanced Interactive eXecutive) adalah sebuah versi sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh IBM untuk platform server dan workstation IBM RS/6000. Versi pertama dari AIX dibuat berbasiskan sistem operasi UNIX System V release 2. Sebelum dirilis kepada publik, singkatan AIX sebenarnya adalah Advanced IBM Unix. Versi terbarunya, versi 5L 5.3 mendukung hingga 64 CPU dan mampu mengakses Random access memory (RAM) hingga 2 terabyte. Sistem berkas JFS2 pun mendukung kapasitas partisi dan ukuran berkas maksimum melebihi 16 terabyte.
Pengembangan
AIX versi 1, yang diperkenalkan pada tahun 1986 merupakan sebuah versi UNIX yang dibuat berbasiskan UNIX System V Release 3. Selanjutnya, IBM pun melakukan porting versi AIX tersebut agar dapat digunakan di atas platform RS/6000, sebagai AIX/6000, dan semenjak tahun 1989 AIX pun menjadi sistem operasi utama untuk RS/6000. Pada saat mengembangkan AIX, IBM dan INTERACTIVE Systems Corporation (yang dikontrak oleh IBM) juga menambahkan kode sumber dari UNIX BSD versi 4.2 dan BSD 4.3.
Arsitektur yang didukung
·         AIX v1, mendukung PC IBM PS/2 Micro channel Architecture, dan IBM 6150 RT.
·         AIX v2, mendukung seri sistem-sistem IBM 6150 RT.
·         AIX v3, memperkenalkan dukungan terhadap arsitektur IBM POWER.
·         AIX v4, memperkenalkan dukungan terhadao arsutektur IBM PowerPC dan bus PCI.
·         AIX v5, memperkenalkan dukungan terhadap arsitektur Intel IA-64 (meskipun AIX yang ditujukan untuk Intel Itanium tidak pernah dirilis untuk publik dan hanya versi beta saja)
o    AIX v5.1, memperkenalkan dukungan terhadap fitur Logical Partitioning yang terdapat di dalam arsitektur POWER4, dan merupakan versi terakhir yang mendukung bus MCA.
o    AIX v5.2, memperkenalkan dukungan terhadap server blade JS20 yang berbasis IBM PowerPC 970.
o    AIX v5.3, memperkelkan dukungan terhadap fitur MicroPartitioning yang dimiliki oleh POWER5.
·         AIX v6.1 (beta), memperkenalkan dukungan terhadap Partition mobility yang dimiliki oleh arsitektur POWER5 (diumumkan pada tanggal 22 Mei 2007).



XENIX adalah sistem operasi keturunan UNIX yang dibeli lisensinya oleh Microsoft Corporation dari AT&T sebagai pengembang UNIX Version 7 pada 1979. Setelah itu, Microsoft mengembangkan Xenix sendirian, sebelum akhirnya dibantu oleh Santa Cruz Operation (SCO) yang turut serta mengembangkannya. Xenix merupakan sistem operasi UNIX yang berjalan di atas mikrokomputer 16-bit, di saat sistem UNIX lainnya berfokus pada komputer mainframe. Sistem operasi ini diperkenalkan pada tanggal 25 Agustus 1980, dan menjadi sistem operasi UNIX paling populer pada zamannya.
Xenix berbeda dengan sistem UNIX versi 7 yang menjadi "leluhurnya", dengan memasukkan beberapa elemen dari BSD, sebelum akhirnya sistem operasi ini menjadi UNIX paling populer digunakan mengingat mikrokomputer 16-bit jauh lebih murah dibandingkan dengan mainframe.
Microsoft tidak menjual Xenix secara langsung kepada pengguna, tapi mereka melisensikan Xenix kepada OEM seperti Intel Corporation, Tandy Corporation, Altos, dan SCO yang kemudian melakukan porting ke arsitektur komputer mereka masing-masing. Sebelum jalan di atas mikrokomputer, Xenix berjalan di atas minikomputer PDP-11 dari Digital Equipment Corporation. Port pertama dari Xenix berjalan di atas mikrokomputer berbasis Zilog Z8001 yang bersifat 16-bit. Altos kemudian membuat versi mereka sendiri pada tahun 1982; Tandy Corporation juga berikutnya mengintegrasikan Xenix ke dalam TRS-XENIX dengan prosesor Motorola 68000 pada bulan Januari 1983 yang ternyata lebih gegas; lalu SCO juga membuat Xenix agar dapat berjalan di atas Intel 8086 pada bulan September 1983. Sebuah port juga dibuat untuk Apple Lisa yang juga menggunakan prosesor Motorola 68000. Pada saat itu, Xenix dibuat berbasiskan UNIX System III dari AT&T.

Sejarah

Xenix versi 2.0 dirilis pada tahun 1985, dan dibuat berdasarkan UNIX System V. Versi update 2.1.1 menambahkan dukungan terhadap prosesor Intel 80286. Rilis-rilis selanjutnya meningkatkan kompatibilitas dengan UNIX System V.
Sewaktu Microsoft dan IBM bersepakat untuk mengembangkan IBM OS/2, Microsoft pun kurang begitu bersemangat dalam mengembangkan dan mempromosikan Xenix. Pada tahun 1987, Microsoft pun menjual Xenix kepada Santa Cruz Operation dengan perjanjian bahwa Microsoft memiliki 25% saham di SCO. Ketika akhirnya Microsoft kurang begitu greget mengembangkan OS/2 akibat munculnya Windows NT, Xenix pun semakin ditinggalkan.
Pada tahun 1987, SCO pun membuat Xenix agar dapat berjalan di atas mikroprosesor Intel 80386DX, sebuah mikroprosesor 32-bit. Versi ini merupakan Xenix versi 2.3.1, yang juga memperkenalkan dukungan terhadap bus SCSI dan TCP/IP.
Meski telah "ditinggalkan" oleh Microsoft, Microsoft sebenarnya terus menggunakan Xenix secara internal, dengan selalu mengeluarkan tambalan-tambalan untuk mendukung beberapa fungsionalitas dalam UNIX kepada AT&T pada tahun 1987. Konon, hingga tahun 1992, Microsoft juga dalam perusahaan internal mereka menggunakan Xenix di atas workstation Sun Microsystems atau minikomputer VAX dari DEC.
SCO pun mengubah Xenix menjadi SCO UNIX pada tahun 1989. Pada saat itu, AT&T telah menyempurnakan penggabungan beberapa fungsionalitas Xenix, BSD, SunOS, dan UNIX System V ke dalam sebuah versi yang dikenal sebagai UNIX System V Release 4. SCO UNIX memang masih dibuat dengan menggunakan basis System V Release 3, tapi memiliki banyak fitur dari System V Release 4. Versi Xenix terakhir (sebelum digabungkan ke SCO UNIX) adalah 2.3.4.



Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, , dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).
Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice.



Jenis Jaringan Berbasis UNIX

A. UUCP Unix to Unix CoPy
UUCP merupakan jenis jaringan pertama kali muncul pada sistem UNIX. Pada awalnya, UUCP dikembangkan dengan hanya memanfaatkan saluran serial atau terminal dari sebuah komputer. Kini, UUCP bekerja pada setiap versi UNIX bahkan sistem non-UNIX seperti VMS dan DOS.
Layanan yang disediakan UUCP diantaranya:
• Alih berkas (file transfer) dan surat elektronis (e-mail)
Penyampaian berkas melalui UUCP dilakukan secara beranting. Jika seseorang di Indonesia hendak mengirim surat elektronis kepada rekannya di Amerika, cukup disimpan/ dikerjakan dikomputer secara lokal. Komputer akan secara otomatis menyampaikan surat tersebut ke sebuah simpul di Amerika Serikat yaitu UUNET (Arlington, Va.). Secara beranting, surat tersebut akan diteruskan kesimpul berikut hingga sampai tujuan.
• Terminal jarak jauh (remote terminal) dan eksekusi perintah jarak jauh (remote execution)
Jaringan UUCP secera internasional menghubungkan lebih dari seratus ribu komputer. Secara total, berjuta-juta byte beralih setiap harinya antara komputer sedunia. Sebagian besar peralihan tersebut terjadi di Amerika Serikat karena murahnya biaya komunikasi. Sebagian besar data berupa USENET NEWS, forum diskusi elektronis terbesar didunia.

B. TCP atau IP (Transmission Control Protocol / Internet Protokol)
TCP merupakan protokol yang mengatur transportasi data antar sistem. TCP dapat diumpamakan sebagai "sekretaris perusahaan" yang mengelola pengiriman berkas antar alamat. TCP biasanya memanfaatkan jasa IP sebagai media pengantar. Seperti halnya sekretaris, TCP bertanggung jawab atas kehilangan pengiriman paket berikut tindak lanjutnya (mengirim ulang paket).
TCP dimanfaatkan oleh aplikasi-aplikasi lain sebagai pengiriman data yang handal yaitu mencakup:
• Login jarak jauh: TELNET (umum) dab rlogin (khusus UNIX)
• Eksekusi jarak jauh: rsh (khusus UNIX)
• Alih berkas : FTP (File Transfer Protocol)
• Surat elektronis: SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
• Program aplikasi lokal (buatan sendiri) dapat memanfaatkan fasilitas TCP/IP untuk saling berkomunikasi.

C. NFS (Network File System) dan RPC (Remote Procedure Call)
NFS pada mulanya dikembangkan oleh Sun Microsystem (1984). Kini, NFS yang menggunakan RPC diterapkan pada lebih dari 100 jenis komputer dan diperkirakan dioperasikan pada lebih dari 100.000 komputer. NFS memungkinkan sebuah kompuer mengakses sistem berkas komputer lain, dan memperlakukan sistem berkas tersebut seperti bagiannya sendiri.

D. NCS -- Network Computing System
Beban antara CPU dalam jaringan biasanya tidak sama pada saat yang sama. Beberapa penelitian telah mengarah pada pemanfaatan CPU yang sedang diam (idle). Hingga kini, setiap pembuat komputer masih mengembangkan protokolnya secara terpisah serta tidak cocok satu dengan lainnya. Namun, usaha menuju pembakuan sedang dirintis dan diharapkan akan disepakati dalam kurun waktu yang tidak lama lagi.
































C.   SEJARAH SISTEM OPERASI LINUX


Sistem Operasi Linux terus berkembang dan menempati sebagai OS yang banyak diminati, Linux telah berhasil mendapatkan cukup banyak popularitas karena fitur unik seperti perangkat lunak bebas dan mendukung pengembangan sumber terbuka. Berikut adalah pengantar Pengenalan Linux dan tinjauan sejarah Linux.
Sistem operasi Linux adalah salah satu OS populer digunakan dengan pengembangan open source pendukung perangkat lunak gratis. Awalnya dirancang untuk mikroprosesor Intel 80386, Linux sekarang berjalan pada berbagai arsitektur komputer dan telah menyebar secara luas.
Sistem operasi komputer bertipe Unix yang menggunakan Linux kernel dikenal sebagai sistem operasi Linux. Dalam sejarah Linux, Pada tahun 1991, Linus Torvalds mulai menulis kernel Linux, setelah sekitar 250 programmer berkontribusi dengan kode kernel. Richarad Stallman seorang pengembang software Amerika, yang merupakan bagian dari proyek GNU,  menciptakan General Public License, yang didistribusikan Linux. Utilitas dan Pustaka Linux datang dari sistem operasi GNU.
Dengan istilah  perangkat lunak bebas, berarti bahwa Sistem Operasi Linux dapat disalin dan disebarluaskan dalam bentuk modifikasi atau tidak  tanpa banyak pembatasan. Linux dilisensikan dibawah hakcipta GNU General Public License (GPL) salah satu jenis lisensi open source. Lisensi ini telah dicatat oleh Free Software Foundation (FSF), http://www.opensource.org/ bertujuan untuk mencegah setiap individu atau perusahaan dari pembatasab penyebaran kode-kode aplikasi.
Distribusi sistem operasi Linux merupakan sebuah proyek yang mengelola koleksi perangkat lunak Linux dan instalasi OS. Termasuk perangkat lunak sistem dan aplikasi perangkat lunak dalam bentuk paket dan instalasi dan konfigurasi awal rincian. Ada sekitar 300 distribusi sistem operasi Linux yang berbeda. (Baca Macam-macam Linux: Sistem Operasi Distribus Linux), yang paling menonjol dari distribusi sistem operasi Linux adalah Fedora, Red Hat, dan Mandrake. Sebagian besar yang didistribusikan sistem operasi Linux mendukung berbagai bahasa pemrograman misalnya Perl, Python, Ruby dan bahasa pemrograman dinamis lainnya. sistem opersi Linux mendukung sejumlah Java virtual machine dan pengembangan kit dan juga C++ compiler.
Sejarah Linux berawal ketika Linus Torvalds, mahasiswa teknik komputer Universitas Helsinki tahun kedua mengumumkan bahwa ia akan menulis sebuah sistem operasi. Dengan maksud untuk menggantikan MINIX, Oleh karena Minix hanya dibangun untuk tujuan pengajaran sistem operasi dan melengkapi kekurangan berbagai hal yang ada di dalam  Unix, Linux didirikan dari UNIX untuk PC yang disebut Minix. Unix adalah sistem operasi yang ketiga untuk CTSS, yang pertama diikuti oleh MULTICS. Tim programmer yang dipimpin oleh Prof. Fernando J. Corbato di pusat komputasi MIT, menulis CTSS, sistem operasi pertama yang mendukung konsep time-sharing. AT & T mulai bekerja pada sistem operasi Multics tetapi harus meninggalkan proyek karena mereka gagal memenuhi tenggat waktu. Ken Thompson, Dennis Ritchie dan Brian Kernighan di Bell Labs, menggunakan ide-ide pada proyek MULTICS untuk mengembangkan versi pertama dari Unix.
MINIX adalah sebuah sistem berbasis Unix yang dirilis oleh Andrew Tenenbaum. Kode sumber tersedia untuk pengguna tetapi ada pembatasan modifikasi dan distribusi perangkat lunak. Pada 25 Agustus 1991, Torvalds mulai menulis Linux kernel. Linux sebelumnya tergantung pada ruang pengguna MINIX tetapi dengan diperkenalkannya GNU GPL, pengembang GNU bekerja ke arah integrasi Linux dan komponen GNU.
Dalam sejarah Linux (Sebutan “LINN-ooks”).  Linus mengambil keputusan menulis kembali sistem operasi itu dan menamakannya Linux, yang ditulis pada masa itu pada komputer “Sinclair QL”dengan memori hanya 4MB.  Akhir tahun 1991 Linux diperkenalkan kepada umum dan Linus telah membuat kode-kode Linux secara gratis dan mendorong penyebaran dan pengembangan Linux oleh orang lain.
Pembangunan sistem opersi Linux terus berkembang dibawah pimpinan Linus, oleh kelompok pembangunan sistem Linux yang tersebar di seluruh dunia melalui Internet.
Kebanyakan perangkat lunak, aplikasi dan utilitas di dalam distribusi Linux datang dari FSF dan proyek GNU. Proyek GNU http://www.gnu.org/ adalah usaha untuk menulis sistem operasi portabel dan canggih yang menyerupai UNIX. seperti yang disebutkann dalam sejarah linux diatas, apa yang dibangun oleh Linus hanyalah Kernel pada Linux tanpa dilengkapi perangkat lunak dan perangkat lain pada sistem operasi Linux.


















D.   SEJARAH PERKEMBANGAN MAC OS
OS Macintosh atau yang akrab disebut Mac OS, adalah Operating System atau sistem operasi yang di kembangkan oleh Apple Corp. Mac OS sendiri merupakan singkatan dari Macintosh Operating System. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple merupakan sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Mac OS adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan komputer notebook apple macintosh. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos diciptakan. Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7? atau “Sistem 7?. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri.
Awalnya Apple juga sengaja menyembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.
Sistem Mac OS sendiri dapat dibedakan menjadi 2, yakni Mac OS Klasik dan Mac OS X.
Mac OS Klasik merupakan sistem yang pertama dikeluarkan oleh Mac pada tahun 1984 hingga Mac OS 9. OS ini dikenal sebagai suatu sistem yang tidak memiliki sembarang command line atau baris perintah. Sistem operasi ini merupakan sistem yang menggunakan user interface(UI) sepenuhnya.
Sedangkan Mac OS X Merupakan versi terbaru dari Mac OS. Huruf X dari Mac OS C diambil dari huruf romawi yang berarti. Mac OS X memadukan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac serta Managemen memori yang jauh lebih baik.
Perbedaan yang paling mudah dilihat dari Mac OS X ini adalah User Interface. Apple menambahkan Aqua GUI untuk mempercantik tampilan sehingga dapat dinikmati oleh pengguna. Selain itu, teknologi ColorSync juga ditambahkan ke dalam Mac OS X, sebuah teknologi yang berfungsi memberikan sinkronisasi warna sehingga cocok untuk pekerjaan multimedia.
Mac OS X ini awalnya hanya dapat berjalan pada platform PowerPC namun dalam beberapa tahun belakangan terdapat desas-desus bahwa Apple memiliki versi Mac OS X yang dapat berjalan pada platform Intel. Rumornya yakni Apple tidak puas dengan kemajuan platform PowerPC. Namun ini hanya sebuah rumor. Pada tanggal 6 Juni 2005, akhirnya Steve Jobs menjawab desas-desus ini, menurutnya Apple akan melakukan transisi dari PowerPC ke Intel prosesor selama dua tahun kedepan. Selama masa transisi, Mac OS X akan mendukung kedua platform tersebut.
Berikut perjalanan Mac OS X dari waktu ke waktu.

Mac OS X Cheetah
CEO Apple Steve Jobs menyebut Mac OS X sebagai platform penting bagi Apple setelah sistem operasi Macintosh pertama merevolusi industri pada tahun 1984. Saat diluncurkan 25 September 2001, versi pertama didukung 350 aplikasi di antaranya iMovie 2, iTunes, dan AppleWorks 6.1. Harganya waktu itu 129 dollar AS dan dipakai pada iMac, iBook, Power Macintosh G3, Power Mac G4, Power Mac G4 Cube, dan PowerBook.

Mac OS X 10.1 Puma
Apple pertama kali memperkenalkan versi kedua Mac OS X pada Juli 2001 pada acara Macworld dan baru dirilis 25 September 2011. Ini mungkin versi yang selisihnya paling cepat dari pendahulunya karena hanya enam bulan. Apple meningkatkan user interface dengan nama Aqua dan memperluas dukungan terhadap media dan perangkat seperti DVD, MP3, CD, printer, dan kamera digital. Harga satu unit lisensi saat itu juga 129 dollar AS.

Mac OS X 10.2 Jaguar
Versi ketiga ini diperkenalkan pada Agustus 2002 namun baru tersedia di pasar 23 Agustus 2002. Untuk pertama kali, nama kodenya dipakai dalam media marketing. Ada 150 fitur baru antara lain iChat, filter junk mail, dan teknologi jaringan yang lebih baik. Dalam seminggu pertama, terjual 100.000 copy. Ada dua paket yang tersedia seharga 129 dollar AS dan paket keluarga untuk lima orang hanya 199 dollar AS.

Mac OS X 10.3 Panther
Keluarnya versi keempat ini selisih lebih dari satu tahun dengan versi sebelumnya karena dirilis 24 Oktober 2003. Ada 150 fitur baru ditambahkan pada Mac OS X 10.3 ini, antara lain Finder dengan satu akses klik ke file dan folder, fitur tampilan Expose, dan iChat AV untuk videokonferensi. Tersedia pula versi Mac OS X Server 10.3. Harganya 129 dollar AS sedangkan untuk server 499 dollar AS untuk 10 klien dan 999 dollar AS untuk jumlah klien tak terbatas.

Mac OS X 10.4 Tiger
Untuk versi kelima, selisih waktu dengan versi keempat malah lebih panjang lagi karena baru keluar April 2005. Namun, ada 200 fitur baru yang menarik seperti fungsi pencarian dengan Spotlight dan Dashboard yang mendukung widget untuk pertama kalinya.



Mac OS X Leopard
Leopard memulai debutnya pada oktober 2007 dengan perbaikan pada fitur pencarian file dengan Stacks, desain ulang Finder, Quick Look, dan untuk pertama kali memperkenalkan backup Time Machine.

Mac OS X 10.6 Snow Leopard
Snow Leopard yang muncul Agustus 2009 mungkin perbaruan besar-besaran secara sistem keseluruhan karena Apple menyatakan telah memperbarui 90 persen dari 1000 proyek yang terlibat dalam pengembangan Mac OS X. Ukurannya hanya setengah versi sebelumnya karena cukup dengan media penyimpan 7 GB. Telah mendukung prosesor 64 bit.

Mac OS X 10.7 Lion
Generasi terbaru yang diberi nama Lion direncanakan akan dirilis akhir tahun ini. Namun, Apple telah mendistribusikan versi uji coba kepada beberapa mitra pengembang. beberapa fitur baru antara lain teknologi berbagi file secara nirkabel AirDrop dan desain ulang aplikasi Mail. Juga ada tool interface LaunchPad untuk menampilkan tampilan layar iPhone dan iPad ke Mac. Platform ini juga akan mendukung penuh layar multitouch.
















E.   SEJARAH PERKEMBANGAN CROME OS
        Pengembang Google memulai pengkodean sistem operasi pada tahun 2009, diilhami oleh popularitas tumbuh dan rendah konsumsi daya dari netbook dan fokus dari laptop kecil pada akses internet. Untuk memastikan persyaratan pemasaran untuk sistem operasi difokuskan pada transaksi web netbook, perusahaan tidak melakukan penelitian demografis yang biasa umumnya terkait dengan sebuah proyek pengembangan perangkat lunak besar. Sebaliknya, insinyur mengandalkan metrik lebih informal, termasuk pemantauan pola penggunaan dari beberapa mesin 200 OS Chrome digunakan oleh karyawan Google. Pengembang juga mencatat pola penggunaan mereka sendiri. Matius Papakipos, mantan direktur teknik untuk Chrome OS proyek, menempatkan tiga mesin di rumahnya dan mendapati dirinya login untuk sesi singkat. Untuk membuat permintaan pencarian tunggal atau mengirimkan email pendek.
       Pada tanggal 19 November 2009, Google merilis kode sumber Chrome OS sebagai Chrome OS proyek. Sebagaimana dengan proyek open source lainnya, pengembang memodifikasi kode dari Chrome OS dan membangun versi mereka sendiri, sedangkan Google Chrome OS kode hanya akan didukung oleh Google dan mitra-mitranya, dan hanya akan berjalan pada perangkat keras yang dirancang untuk tujuan tersebut. Tidak seperti Chromium OS, OS Chrome akan secara otomatis diperbarui ke versi terbaru InformationWeek resensi Serdar Yegulalp menulis bahwa Chrome OS akan menjadi produk, yang dikembangkan untuk tingkat integrasi pada hardware yang lebih tinggi, sedangkan Chromium OS tidak memiliki secara default sistem tersebut.
       Pada konferensi pers 19 November 2009, Sundar Pichai, wakil presiden Google, menunjukkan versi awal dari sistem operasi. Dia memperlihatkan desktop yang tampak sangat mirip dengan Chrome browser, dan sebagai tambahan dalam tab browser biasa juga memiliki tab aplikasi, yang mengambil lenih sedikit ruang dan dapat dismart kan untuk akses yang lebih mudah. Dalam konferensi tersebut, sistem operasi ini dapat booting hanya dalam tujuh detik, Google menyatakan akan bekerja untuk mengurangi waktu tersebut.
Juga pada 19 November, 2009, Chris Kenyon, wakil presiden OEM layanan di Canonical Ltd mengumumkan bahwa Canonical memberikan kontribusi rekayasa ke Google [Chrome OS] di bawah kontrak. Dalam diskusi, Sundar Pichai dan Linus Upson membuat yang mereka inginkan menjadi jelas, bila dimungkinkan untuk membangun komponen yang ada dan alat-alat dari komunitas open source tanpa perlu penilitian kembali.
       Pada tanggal 25 Januari 2010, Google menerbitkan catatan, gambar dan video dari desain konseptual yangt menunjukkan bagaimana antarmuka dari Chrome OS bila ditampilkan pada tablet PC dengan layar 5-10 inci. Desain akan mencakup tata letak dasar yang sama seperti pada netbook, tetapi dengan antarmuka sentuh, sebuah keyboard qwerty di layout layar yang berbeda, besar, ikon persegi yang ditempatkan di atas tab, dan panel yang ditempatkan di sepanjang tepi bawah yang bisa dibuka dengan gerakan menyeret ke atas. Terbitan ini dibuat dua hari sebelum Apple mengumumkan tablet iPad. Pada tanggal 16 Maret 2011, beberapa perubahan dilakukan Chrome OS yang menunjukkan pengembangan versi tablet dari Google Chrome OS. Pada bulan Maret 2010, Google menunjukkan pertimbangan yang diberikan untuk mengembangkan dua versi dari sistem operasi, versi konsumen dan versi perusahaan.














F.    SEJARAH PERKEMBANGAN iOS
iOS adalah sistem operasi yang terdapat pada produk-produk yang diciptakan perusahaan terkenal apple. iOS awalnya hanya dikembangkan untuk Iphone. Namu sekarang sudah diperluas untuk perangkat apple yang lainnya seperti iPod Touch, iPad, dan apple TV. iOS adalah sistem operasi yang diciptakan dengan segala kekurangan. Bukan berarti banyak masalah atau bug yang terdapat pada sistem operasinya. Tapi kekurangan yang terdapat pada feature-feature yang tersedia di dalam sistem operasinya. Kalau kita lihat perkembangannya dari versi awal sampe yang sekarang (4.2.1) dan untuk iPhone CDMA (4.2.5) sangat bertahap. Dan cenderung ketinggalan jaman dengansistem operasi gadget yang lain. Namun dengan adanya iOS versi 4.2.1, iPod Touch sudah bisa menandingi gadget-gadget saingannya. Menurut saya iOS memiliki kesetabilan yang baik. Dan sistem operasi iOS sangat user friendly.
Fitur  yang terdapat pada iOS yang terdapat pada iPod Touch dengan sofware versi 4.2.
·       Multitasking
Kemampuan multitasking baru bisa dirasakan oleh user iPod dan iPhone  pada iOS versi 4.0. Sedangkan pada iPad pada versi 4.2. menurut saya pada versi 4.0 kemampuan multitasking belum terlalu stabil. Masih terdapat bug-bug yang terkadang merepotkan. Namun sudah diperbaiki pada versi selanjutnya(4.2) dan sekarang sudah bisa berjalan dengan baik. Kemapuan multitasking memungkinkan kita membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus keluar dari aplikasi yang kita buka. Cukup menekan home buton maka kita akan keluar dari aplikasi yang kita mainkan, dan aplikasi tersebut tidak akan tertutup secara permanen. Untuk menampilkan aplikasi nya cukup dengan menekan dua kali home buton. Maka akan keluar aplikasi yang kita mainkan. Kalau terlalu banyak membuka aplikasi dan kita belum menutupnya secara permanen, maka ipod akan heng. Cara mematikan aplikasi yang kita gunakan secara permanen adalah dengan cara menekan Home Buton sebanyak 2 kali. Lalu kita tap dan tahan. Tunggu sampe keluar gambar seperti dibawah ini :
lalu tap tanda (-) yang berwarna merah. Maka aplikasi akan berhenti permanen. 
·         Membuat Folder
Pada versi 3 ipod touch dan iphone belum bisa melakukan perintah untuk membuat folder. Dengan adanya kemampuan untuk membuat folder,  ipod kelihatan lebih rapi karena tidak harus memiliki banyak slide dikarena banyaknya aplikasi yang kita miliki yang tercecer di layar. Dengan kemampuan membuat folder  Kita cukup mengabungkan aplikasi-aplikasi yang sejenis dan membuat nya dalam 1 folder agar tidak memakan banyak tempat. Cara membuat folder, adalah Dengan cara menahan dan menggerserkan aplikasi yang sejenis ke satu tempat yang sama. Maka akan tercipta 1 folder dengan berisi dua aplikasi (awalnya) folder dapat kita tambah isinya dengan cara melakukan cara yang sama seperti diatas.Gambar ini menunjukan isi 1 folder yang ada, dengan nama folder Game.
·         Air Print
Jika memiliki printer yang dapat terkoneksi sambungan wireless, kita dapat mengunakan kemapuan air print. Ini salah satu kemampuan tambahan dari iOS versi 4.2. dan hanya dapat dilakukan dengan printer yang dapat terkoneksi dengan kemampuan wireless, tidak dapat mengunakan kabel usb.
·         Mengubah wallpaper
Pada awalnya ipod Touch tidak mengganti wallpaper tampilan nya. Dan hanya tersedia tampilan default dengan beackground hitam. Seperti gambar di atas (versi 3.2), dan setelah update ke versi 4.2 kita dapat mengubah background nya sesuka hati, seperti gambar di atas pada sebelah kiri (versi 4.2).
·         Wifi dan Airplane Mode
Ditambahkan kemampuan agar ipod dapat terkoneksi ke jaringan wifi. Dan terdapat mode airplane yang ditambahkan pada saat update sofware versi 4.0



·         Air Play
Jadi iphone, ipod touch, dan ipad dapat terkoneksi ke speaker yang mampu terkoneksi menggunakan kemampuan wireless.
·         Game center dan Book Store (iBook)
Terdapat kemampuan mengakses game ke apple store secara mudah mengunakan kemampuan game center tanpa harus melalui iTunes atau app store. Dan iBook store adalah khusus Toko buku yang ada di iTunes store. Namun dengan ada kemampuan akses ke game center dan iBook store. Kita tidak perlu repot-repot lagi ke iTunes untuk mencari buku dan game kesukaan kita.
·         Voice Control
Kemampuan untuk memberi perintah kepada ipod melalui perintah suara kita. Kemampuan voice control dapat digunakan mengunakan bahasa indonesia, inggris, jepang dan beberapa lagi yang telah di sesuaikan oleh apple. Namun voice contro hanya dapat dinikmati iPhone user dan Ipod Touch 32 GB 2gen sampai 4gen. Sedangkan ipod Touch 8GB tidak didukung fasilitas voice control.
·         Google maps, calender, youtube, weather, mail, contacts, stock, dan voice memo.
Sistem operasi iOS dapat terkoneksi dengan google maps, calender, youtube, laporan cuaca, kontak, e.mail, stock, dan voice memo.
Dengan google map kita dapat mengetahui lokasi keberadaan kita. Namun untuk mengaktifkan kemampuan ini kita harus terkoneksi dengan internet atau jaringan wifi. Karena tidak dapat digunakan dengan kondisi offline.
Dengan Youtube kita dapat menonton vidio kesukaan kita yang ada di youtube. Dan hanya dapat digunakan ketika kita terkoneksi kepada internet. e.mail memungkinkan kita selalu update dan membaca setiap yang masuk ke e.mail kita.Stoccks semacam info bursa dapat di update ketika kita online. Dan tidak dapat digunakan ketika kita offline.Voice memo memungkinkan kita untuk mereka suara kita dan menjadikan nya pesan.
Dan banyak lagi kemapuan yang terdapat di iOS. Demikianlah kemampuan yang dapat dilakukan sistem operasi iPod Touch yang saya gunakan.























G.   SEJARAH PERKEMBANGAN ANDROID
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
SEJARAH

Kerjasama dengan Android Inc.

Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.
Versi android terbaru yaitu versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Samsung, Sony Ericsson dan lainnya.

2007-2008: Produk awal

Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).
Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

1.    Android versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

2.    Android versi 1.5 (Cupcake)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

3.    Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

4.    Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.
Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

5.    Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

6.    Android versi 2.3 (Gingerbread)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

7.    Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.

8.    Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)

Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

Fitur

Fitur yang tersedia di Android adalah:
  • Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  • Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  • Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  • SQLite: untuk penyimpanan data.
  • Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,
AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
  • GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
  • Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)

9.    Cyanogenmod
CyanogenMod, mungkin terlihat seperti nama yang asing bagi kebanyakan orang. :bingung Tapi, bagi sebagian orang nama ini sudah tidak asing lagi :8
CyanogenMod adalah un-official firmware yang telah melekat pada lebih dari 60 versi dari ponsel dan tablet berbasis Android. Beberapa diantaranya masih belum stabil atau masih experimental. Tentu saja, jika belum stabil maka mungkin terjadi beberapa minor atau mungkin major bug. Bahkan bisa membuat ponsel bricked (mati total).
CyanogenMod terkenal karena User Interface(UI)-nya yang terlihat keren :8 di ponsel Android penggunanya, apalagi dengan Theme Chooser nya pada versi 7 yang memungkinkan penggunanya untuk memasang dengan mudah tema-tema yang diinginkan.
Tersedia banyak tema untuk CyanogenMod, salah satu forum penyedia tema untuk CyanogenMod adalah xda-developers.com. Sebenarnya yang membuat tema tersebut bukanlah pemilik dari situs tersebut, tetapi para anggota baik yang sukarela membagi tema buatan mereka.
CyanogenMod ROM adalah salah satu custom ROM Android yang paling populer. ROM bisa kita katakan sebagai Operating System yang ada di ponsel android anda. Contohnya CyanogenMod, Miui, OpenEclair, ClockWorkMod, dan masih banyak lagi.
Kini setelah CyanogenMod 7 (CM7) rilis, apa yang bisa Anda lakukan dengan device Android Anda? Ada banyak fitur di dalam CM7. Mulai dari merubah berbagai setting sampai menggandakan battery life.

















                                                        
H.   SEJARAH PERKEMBANGAN SYMBIAN
Symbian adalah sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain untuk ponsel pintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Platform Symbian adalah suksesor daripada Symbian OS dan Nokia Seri 60 yang sebelumnya sudah pernah beredar di pasaran; Tidak seperti Symbian OS, yang membutuhkan beberapa sistem antarmuka pengguna, Symbian menyertakan sebuah komponen antarmuka pengguna berdasarkan S60 5th Edition. Versi terakhirnya yaitu Symbian^3 sudah secara resmi dirilis pada kuartal 4 tahun 2010 lalu, pertama kali digunakan pada ponsel Nokia N8.

Symbian OS aslinya dikembangkan oleh Symbian Ltd.. Ini merupakan keturunan dari EPOC dari Psion dan berjalan secara eksklusif di prosesor ARM, walaupun telah ada x86 port yang belum dirilis resmi ke publik. Device berbasis Symbian telah mencakup 29.2% pangsa pasar ponsel pintar dunia pada kuartal pertama tahun 2011. Beberapa perkiraan mengindikasikan bahwa jumlah kumulatif dari ponsel-ponsel yang dipaketkan dengan Symbian OS ini hingga akhir kuartal 2 tahun 2010 lalu berjumlah 385 juta. Hingga 5 April 2011, Nokia merilis Symbian di bawah lisensi baru dan dikonversikan ke model sumber kepemilikan yang dibagikan, berlawanan dari proyek kode sumber terbuka atau open source.

SEJARAH
Pada tahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi ini lebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998, terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Sony Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan telepon selular yang diberi nama Symbian. Pada tahun 2004 Psion menjual sahamnya dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC Release 5 yang kemudian dikenal dengan nama Symbian OS v5. Sistem operasi dari Symbian OS v5 itu sudah mulai mengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi pada perangkat seperti PDA selain telepon seluler.

Kemudian muncul perangkat yang dinamakan smartphone dan muncullah pula versi-versi terbaru dari Symbian OS hingga ada yang disebut dengan Symbian v6.0 atau yang lebih terkenal dengan nama ER6 yang merupakan versi pertama dari Symbian OS. Sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi. Pada awal tahun 2005, muncul Symbian OS v9.1 dengan sistem keamanan platform baru yang dikenal sebagai capability-based security. Sistem keamanan ini mengatur hak akses bagi aplikasi yang akan diinstal pada peralatan dalam hal mengakses API.

Muncul pula yang disebut dengan Symbian OS v9.2 yang melakukan perbaharuan pada teknologi konektifitas Bluetooth dengan digunakannya Bluetooth v.2.0. Sedangkan yang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 (dirilis pada tanggal 12 Juli 2006) telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian dari komponen standarnya.

Akar Dari Symbian dan Symbian Foundation peregangan Dilaporkan ke akhir Dari komputasi mobile, ketika Pikiran Cerdas Bersatu di sekitar gagasan untuk menemukan cara Terbaik untuk memobilisasi komputasi-untuk membantu Orang melakukan hal Yang lebih Baik, lebih Cepat, sekarang.

Dari hari-hari awal, gagasan yang menjadi Symbian adalah semua tentang kolaborasi-dimulai dengan awal tahun 1980-an David Potter desain game dan software kantor produktivitas untuk komputer pribadi Sinclair, sebuah kemitraan yang meluncurkan “Psion” nama. Dari hari-hari akhir, gagasan Yang menjadi adalah Symbian * Semua Tentang kolaborasi-dimulai years Artikel Baru akhir 1980-sebuah David Potter desain produktivitas perangkat lunak dan peralatan permainan untuk Komputer Pribadi Sinclair, sebuah kemitraan Yang meluncurkan “Psion” Nama. Program-program membantu melahirkan pada tahun 1984 kepada Pelaksana Psion, komputer pertama genggam di dunia-dan salah satu yang cepat akan mendukung database sederhana-untuk-menggunakan bahasa pemrograman, OPL. Program-program membantu melahirkan years PADA 1984 kepada pelaksana Psion, Komputer genggam Pertama di Dunia-dan salah Satu Yang Cepat akan mendukung database Sederhana-untuk-menggunakan bahasa pemrograman, OPL.

Dukungan kolaborasi dari industri untuk tumbuh kekuatan basis software Psion menyebabkan pembentukan bersejarah pada tahun 1998 dari Symbian, perusahaan patungan antara produsen Psion dan telepon Ericsson, Motorola, dan Nokia. Dukungan Dari kolaborasi industri untuk Kekuatan dasar Tumbuh software Psion menyebabkan pembentukan bersejarah years PADA 1998 Dari Symbian, ANTARA patungan anak pajak tangguhan Produsen dan Telepon Psion Ericsson, Motorola, dan Nokia. Selama beberapa tahun berikutnya Symbian membantu membawa ledakan inovasi-perangkat selular dengan perangkat lunak Symbian di dasar lebih dari 100 juta ponsel pada tahun 2006. Selama beberapa years berikutnya Symbian membantu membawa ledakan Inovasi-perangkat seluler perangkat lunak Symbian Artikel Baru di ditempatkan lebih Dari 100 juta ponsel PADA 2006 years.

Pada tahun 2008, langkah berikutnya dari evolusi Symbian berlangsung, dengan Nokia pembelian seluruh aset Symbian dan mulai menyusuri jalan setapak perangkat lunak untuk open source. PADA Tahun 2008, Langkah berikutnya Dari Evolusi berlangsung Symbian, Artikel Baru Nokia seluruh Aset Pembelian Symbian dan menyusuri jalan setapak Mulai perangkat lunak untuk open source. Sebagai Symbian Foundation dan seluruh anggotanya melihat ke masa depan dan miliaran mendatang perangkat mobile saling berhubungan, maka akan inovatif kolaborasi-bekerja sama-yang akan membantu membuat orang lebih produktif, lebih kreatif dan lebih terhibur dari sebelumnya. Sebagai Symbian Foundation seluruh anggotanya dan Melihat ke Masa Depan dan miliaran mendatang saling berhubungan perangkat mobile, Maka akan inovatif kolaborasi-bekerja akan membantu sama-yang Membuat Orang lebih Produktif, Kreatif lebih dan lebih Dari terhibur sebelumnya.

PERKEMBANGAN
* 1980: Psion yang didirikan oleh David Potter 1980: Yang Psion didirikan Dibuat David Potter
* 1984: Agenda Psion meluncurkan 1984: Agenda meluncurkan Psion
* 1986: yang “jauh lebih baik” Psion Organizer II meluncurkan, dengan bahasa pemrograman database sederhana digunakan, OPL. 1986: yang “JAUH lebih Baik” Psion Organizer II meluncurkan, bahasa pemrograman database perlengkapan Sederhana Artikel Baru, OPL.
* 1987: Psion memulai pengembangan dari “Sibo” (“Sixteen Bit Agenda”) keluarga sendiri baru perangkat dan sistem operasi multitasking disebut EPOC untuk menjalankan produk PDA-nya. 1987: Psion memulai pengembangan Dari “Sibo” (“Sixteen Bit Agenda”) Keluarga dan perangkat sistem multitasking memiliki anak pajak tangguhan Aktiva lain Baru Yang disebut EPOC Produk untuk menjalankan PDA-nya.
* 1989: Pertama EPOC16 perangkat, MC400 dan MC200, kapal dengan sedikit terutama 1-, antarmuka grafis keyboard yang dioperasikan. 1989: Pertama EPOC16 perangkat, MC400 MC200 dan, terutama Artikel Baru 1-bit kapal, keyboard Grafis dioperasikan Yang antarmuka.
* 1997: Versi pertama dari EPOC32 Release 1 muncul pada CD Psion Seri 5 v1.0. 1997: Versi Pertama Dari EPOC32 1 Release muncul di ROM Psion Seri 5 v1.0. Sistem operasi EPOC32, pada saat itu hanya disebut sebagai EPOC, kemudian berganti nama Symbian OS. Sistem Operasi EPOC32, PADA ITU Saat Hanya disebut sebagai EPOC, kemudian berganti Nama Symbian OS. EPOC32 adalah sistem pengguna pre-emptive multitasking, tunggal beroperasi dengan proteksi memori, yang mendorong pengembang aplikasi untuk memisahkan program mereka ke dalam mesin dan interface. EPOC32 adalah pre-emptive multitasking sistem pengguna tunggal Aktiva lain, perlindungan Artikel Baru Memori, Yang pengembang untuk memisahkan program mendorong mereka Aplikasi ke KESAWAN antarmuka dan mesin.
* 1998: Pada bulan Juni Psion Software menjadi Symbian, perusahaan patungan besar antara Psion dan produsen ponsel Ericsson, Motorola, dan Nokia. 1998: PADA bulan Juni Psion Software menjadi Symbian, Anak patungan Besar ANTARA Psion dan Produsen ponsel Ericsson, Motorola, dan Nokia. Pada Release 6, EPOC menjadi hanya dikenal sebagai Symbian OS. PADA Release 6, EPOC Hanya menjadi dikenal sebagai Symbian OS.
* 1999: The Psion Seri 5mx, Psion Seri 7, Psion Revo, Diamond Mako, Psion netBook, netPad, GeoFox Satu, dan MC218 Ericsson dibebaskan menggunakan ER5. 1999: The Psion Seri 5mx, Psion Seri 7, Psion Revo, Diamond Mako, Psion netBook, netPad, GeoFox Satu, dan MC218 ER5 dibebaskan menggunakan Ericsson. Sebuah proyek telepon diumumkan di CeBIT, yang Illium Phillips / Accent, tetapi tidak mencapai rilis komersial. Sebuah Proyek Telepon diumumkan di CeBIT, Yang Illium Phillips / Accent, tetapi regular tidak mencapai rilis Komersial.
* 2000: Ponsel pertama, Ericsson R380 dirilis menggunakan ER5u pada bulan November. 2000: Ponsel Pertama, Ericsson R380 dirilis menggunakan ER5u PADA bulan November.
* 2001: Yang pertama ‘terbuka’ Symbian OS ponsel, Nokia 9210 Communicator, dirilis pada bulan Juni 2001. 2001: ‘Terbuka’ Yang Pertama ponsel Symbian OS, Nokia 9210 Communicator, dirilis bulan Juni 2001 PADA. Bluetooth dukungan telah ditambahkan. Bluetooth dukungan telah ditambahkan. Hampir 500.000 ponsel Symbian yang dikirimkan pada tahun 2001, naik menjadi 2,1 juta pada tahun berikutnya. Hampir 500.000 ponsel Symbian Yang dikirimkan PADA years 2001, naik menjadi 2,1 juta PADA years berikutnya.
* 2003: pengiriman pertama dari Symbian OS 7.0, dan 7.0 rilis Symbian penting yang muncul dengan semua antarmuka pengguna kontemporer termasuk UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A925, A1000), Seri 80 (Nokia 9300, 9500), Seri 90 (Nokia 7710), Seri 60 (Nokia 3230, 6260, 6600, 6670, 7610) serta beberapa FOMA telepon di Jepang. 2003: Pertama kiriman Dari Symbian OS 7.0, 7.0 dan rilis parts Yang muncul Artikel Baru * Semua pengguna kontemporer termasuk antarmuka UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A925, A1000), Seri 80 (Nokia 9300, 9500), Seri 90 Symbian ( Nokia 7710), Seri 60 (Nokia 3230, 6260, 6600, 6670, 7610) Serta beberapa FOMA Telepon di Jepang. Hal ini juga ditambahkan dukungan EDGE dan IPv6. Suami hal Juga ditambahkan dukungan EDGE dan IPv6. Satu juta ponsel Symbian yang dikirimkan di Q1 2003, dengan tarif meningkat menjadi satu juta sebulan pada akhir tahun 2003. Satu juta ponsel Symbian dikirimkan Yang di Q1 2003, tarif Artikel Baru meningkat menjadi Satu juta sebulan PADA years Penambahan 2003.
* 2004: Psion menjual sahamnya di Symbian. 2004: Psion menjual sahamnya di Symbian.
* 2006: 100 juta ponsel dengan Symbian OS dikirimkan. 2006: 100 juta ponsel Symbian OS Artikel Baru dikirimkan.
* 2008: Symbian diakuisisi oleh Nokia; Symbian Foundation terbentuk. 2008: Symbian diakuisisi Dibuat Nokia; Symbian Foundation terbentuk.





















I.      SEJARAH PERKEMBANGAN RIM
Jejak pengguna blackberry di tanah air Dan ribuan toko yang berubah menjadi spesialis penjual blackberry Dan dengan berani memapang logo (blackberry) di etalase ternyata di sulap oleh RIM dalam waktu dan tempo sesingkat-singkatnya. Sebenarnya secara resmi RIM baru pada tahun 2004 mengembangkan sayapnya di negeri dengan jumlah pengguna ponsel terbanyak di Asia ini.
Di bandingkan dengan India atau China sekalipun, pengguna blackberry di tanah air jauh lebih banyak. Maka tak heran bila untuk memanjakan jumlah pengguna blackberry yang makin membengkak itulah , RIM diam-diam telah banyak memberi prioritas buat Indonesia.Melebihi bangsa Malaysia Dan Singapura sekalipun yang seharusnya kultur mobile lifestyle nya lebih maju.
Bahkan Indonesia menjadi negara yang “menggerakan”kerjasama antara operator dengan RIM yang terbanyak. Enam operator telah teken kontrak menjadi carrier. Dalam tempo kurang lebih 6 tahun ,RIM secara resmi baru menjajakan 13 langkah ini dia rekamannya:
1.    Desember 2004 Blackberry 7730 pertama di Indonesia
Melihat peluang pasar Indonesia yang besar, RIM menggandeng Indosat meluncurkan blackberry 7730 yang sekaligus menandai hadirnya blackberry di bursa ponsel lokal. Paket yang di tawarkan berupa blackberry enterprise solutions (bes).
Blackberry 7730 sendiri mengandkan Kari gan gsm internasional,memory internal 16mb, mendukung Microsoft exchange Dan lotus domino, bobotnya pun ringan.
2.    Juni 2008 BlackBerry Internet Service Pertama
Seakan hendak mendahului paket inovatif, RIM bersama Telkomsel merilis paket khusus bagi pelanggan prabayar bernama BlackBerry Internet Service (bis) di Indonesia. Paket ini di tujukan untuk pelanggan pebinis kalangan kelas menengah, kecil Dan individu.
BIS juga di rancang agar mampu memuat 10 akun email personal Dan korporat.Harga yang di tawarkam untuk pengguna prepaid ini sebesar rp 180 000 perbulan.
3.    Agustus 2008 blackberry bold pertama dari Indosat
Blackberry Bold 9000 adalah simbol yang excellent di buat dari material premium di balut oleh warna hitam yang menawan, Dan di tutup kulit. Tentu dwngan fitur -fitur brilian.
Bold memang punya daya tarik yang luar biasa. Membedakan dengan ponsel lain sekaligus memberi inspirasi. Dan Indosat menjadi operator pertama yang membawanya secara resmi ke Indonesia.
Sebelumnya Indosat menawarkan paket blackberry on demand yang tak lain paket BIS untuk tiga produknya(im3, mentari Dan matrix).
4.    September 2008 xl jual bold
Lewat operator xl ,RIM melepaskan blackberry bold, seri ini menjadi semacam breaktrough bagi perkembangan penjualan blackberry di Indonesia. Bukan saja karena lantaran memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna khususnya di lapis menengah ke atas, tapi juga berkat tawaran paket dari xl.
Sebagai sebuah produk yang ekslusif-waktu itu- Bold di tawarkan seharga rp 8,5 juta. Tapi karena itu pula Bold jadi laku keras. Di samping itu , paket BIS yang di tawarkan bold justru murah, waktu itu hanya rp 149 ribu per bulan.
5.    Oktober Telkomsel jual Bold Dan Curve 8320
Tak mau ketinggalan, Telkomsel pun merilis seri Bold. Namun berbarengan dengan seri curve 8320. Dua seri BlackBerry yang akan di tujukan kepada 60 juta pelanggan. Namun Bold masih di atas angin Dan menjadi salah satu handset/hendheld paling fenomenak laku di bursa ponsel Indonesia.


6.    Oktober 2008 BlackBerry data-plan XL
Inovasi pemasaran terus berkembang. Kali inibxl menjajal paket menakjubkan Dan Pertama di dunia, berupa blackberry 1 data plan atau yang kita kenal dengan paket Harian. Murah saja hanya rp.5000,- untuk 24jam pemakaian BIS.
Maksud XL tidak lain untuk memberikan pemakaian data yang efektif, simple Dan fleksibel.Pelangggan menjadi prioritas agar mereka bisa menentukan kapan hati yang tepat untuk mengoptimalkan BBnya.
7.    Juni 2009 AXIS Siapkan BB
Paket-paket menawan dari axis semakin lengkap begitu melepas BlackBerry bertajuk Worryfree. Sekaligus menjual seri Bold Dan Javelin pada saat pe jualan di tawarkan bagi 1.000 pembeli pertama akan memeproleh diskon sampai 50% paket data selama 3 bulan.
Dengan Faktanya , axis waktu itu memang paket termurah, hanya dengan rp 3900 per hari bisa menjajal layanan BIS. Sekaligus menawarkan paket “1 get 3″ untuk voice Dan SMS bagi pengguna BlackBerry.
8.    Agustus 2009 Teleplan di tunjuk sebagai service center
Desakan pemerintah akhirnya di kabulakan RIM untuk segera menyiapkan pusat layanan purna jual. Teleplan sebuah perusahaan yang telah kondang sebagai penyedia Jasa aftersales service berskala Internasional di tunjuk.
Namun Hal Ini tidak mengurangi berbagai gerai service di pusat penjualan ponsel untuk membuka layanan serupa namun dengan skala kecil-kecilan. Buktinya lebih banyak pengguna melarikan ponsel nya ke service-service partikelir.
9.    Oktober 2009 App World di Indonesia
Secara reami BlackBerry App world yang merupakan gudang aplikasi resmi di rilis Dan tersedia di Indonesia.Peluncurannya bersamaan dengan Singapura. Hal ini mendahului perilisannya fi Malaysia Dan Fillipina.
Pengguna dapat mengakses lewat komputer ke alamat http://www.blackberry.com/appworld atau http://mobile.blackberry.com/appworld via blackberry.
App world berisi Font Page Carousel, top download, Categories, search, filter, review, Recomanded, applications storage, applications archiving, my world Dan update notifications.
10. November 2009 BlackBerry Onyx Datang
RIM menjawab haus dahaga para Blackberrian yang ingin segera mengganti Bold 9000 yang mulai berumur.
Onyx atau Seri Bold II 9700.
11. Februari 2010 operator 3 mengikuti
Empat seri BlackBerry yang sudah ada di pasar (gemini, onyx, bold , javelin) mendapat temen baru yaitu kartu 3. Program banting harga yang di tawarkan menjadi paket yang termurah.Paket BIS perbulan rp.88.000,- Mingguan Rp 19.000,- Dan harian rp 3.500,- .
Dengan covering area seluas 76% wilayah Indonesia atau mencakup 22 provinsi , Hutchison dengan percaya diri memberi alternatif yang sangat luar biasa! Sekaligus membuka peluang perang tarif versi blackberry.
12. Februari 2010 BlackBerry CDMA fixed wireless access pertama
Blackberry 8830 World Editions sempat di minati banyak orang. Namun baru Februari secara resmi muncul di pasar lokal. Kali ini yang memasarkan adalah Star One Indosat yang sekaligus sebagai ponsel dengan jaringan CDMA FWA.
Menariknya , kecepatan yang di tawarkan starone ini tidak kalah bagus dari kecepatan data versi GSM. Di samping Star One membundling world editions ,star one juga menggandeng Aries 8530. Maka opsi yang di tawar kan semakin bertambah.
13. Maret 2010. BlackBerry CDMA Ev-Do dari Smart
Seri Tour 9530 yang di tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Kali ini yang mengusung adalah operator smart dengan Tag Line “smart BlackBerry Hebat”.
Paket yang di tawar kan operator milik Sinar Mas Group ini adalah tarif bulanan sebesar rp 180 000,- Dan rp 8 000,- untuk paket hariannya.
Hebat nya paket hebat ini juga karena mengusung sebuah layanan berupa streaming Video dalam rangka memanfaat kan seoptimal mungkin jaringan Ev-Do























BAB III
PENUTUP

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem operasi sangat membantu dalam kegiatan manusia. Dalam perkembangannya yang begitu pesat dapat membuat suatu perubahan yang besar bagi perkembangan teknologi. Berikut ini fungsi dari sistem operasi, yaitu:
1.   Resource Manager
Fungsi Resource Manager adalah untuk mengalokasikan sumber daya, seperti CPU, printer, drive, memori, dan lain sebagainya.
2.   Interface
Fungsi interface adalah sebagai perantara antara user dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat. Dengan demikian, user tidak memiliki kekhawatiran untuk mengoprasikan perangkat level bawah.
3.   Guardian
Fungsi guardian adlah untuk menyediakan control akses yang melindungi file dan member pengawasan pada pembaca/penulisan/eksekusi data dan program.
4.   Optimizer
Fungsi optimizer adalah untuk menjadwal peng-inpu-an oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi, dan pengeluaran output untuk meningkatkan kegunaan.
5.   Accountant
Fungsi Accountant adalah untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, disk storage, waktu connect terminal dan pemanggilan I/O.
6.   Server
Fungsi server adalah untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan user, baik secara eksplisit, maupun implicit seperti mekanisme akses file.
7.   Coordinator
Fungsi coordinator adalah untuk menyediakan fasilitas sehingga aktivitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.







DAFTAR PUSTAKA

Sumber dari web:
www.tkjlover.web.id › SainsTeknologi



1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus